(Part. 1) Mengenal Alam Semesta : Galaxy

Hai para pembaca!
Artikel kali ini akan membahas tentang pengenalan alam semesta tempat kita menjalankan aktifitas karena kita hidup. Nah, apa teman-teman sudah tahu belum alam semesta itu apa? Semoga dengan beredarnya pemahaman baru yang beredar tentang bumi itu datar, sebelumnya kita harus mengerti dulu alam semesta itu apa? apa sajakah yang dimaksud alam semesta? ada berapa jenis yang bercahaya begini? ada berapa jenis yang bercahaya begitu? daaan seterusnya. Semoga dengan adanya artikel ini bisa bermanfaat yaah :) juga bisa membuat para pembaca memilih-milih lagi mana logika yang benar mana yang salah, bukan dengan asal imani tanpa penjelasan yang masuk diakal. Melalui artikel ini, UNI-QUE membantu pembaca dalam meneliti apa yang anda ingin teliti dimulai dari alam semesta yang paling besar.


Pendahuluan

Tahukah anda bahwa seluruh alam semesta di dunia ini ternyata saling berputar mengelilingi inti alam semesta? Inti yang dimaksudkan disini adalah pusat jagad raya dimana awal yang membuat kehidupan ini terjadi.

Sudah ditulis juga bahwa seluruh planet itu berputar sesuai dengan garis edarnya di Al-Qur'an Surat Yasin : 40

لَا الشَّمْسُ يَنْبَغِي لَهَا أَنْ تُدْرِكَ الْقَمَرَ وَلَا اللَّيْلُ سَابِقُ النَّهَارِ ۚ وَكُلٌّ فِي فَلَكٍ يَسْبَحُونَ 

"Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya."

Seluruh makhluk ciptaan-Nya tidak hanya umat manusia saja tapi seluruh isi bumi, planet, bintang, bulan, dan galaksi pun diciptakan Sang Maha Pencipta untuk mematuhi Perintah-Nya. Tapi kita sering kali mengabaikan benda-benda diluar alam manusia atau sebut saja di dalam kesadaran 3 dimensi kita yang dimana aktivitas yang dilakukan hanya sebatas untuk kepentingan jarak waktu dekat untuk diri sendiri saja seperti yang telah ditulis dalam artikel sebelumnya tentang Tingkat Kesadaran.
Kenapa kita harus paham akan keberadaan makhluk dan benda-benda lain ciptaan-Nya? dan kenapa bukan harus pintar? Karena ketika kita paham, pintar dan cerdas akan menyertai kita kemudian, tapi pintar belum tentu paham.. Itulah sebabnya kita benar-benar sangat perlu mengubah cara pandang kita, cara pandang kehidupan ini. Lewat ayat diatas merupakan satu renungan bahwa saking yakinnya tertulis bahwa seluruh planet dan yang kita huni ini pasti mengelilingi garis edarnya masing-masing, sungguh tidak ada keraguan Sang Maha Pencipta menyatakannya, sedangkan mengapa kita semua makhluk paling sempurna lantas tidak patuh pada perintah-Nya? Radikalisme, saling memvonis sesat tanpa tidak sadar ternyata diri nya juga tidak melakukan manfaat untuk alam, menipu, dan egois merupakan bukti bahwa manusia benar-benar jauh dari tujuan diciptakan.

Alam Semesta di Langit

Setiap bulan mengelilingi planet, planet planet mengelilingi matahari (matahari adalah salah satu bintang), tiap satu matahari yg terdiri dari sekian banyak planet disebut gugusan bintang, walau ada beberapa gugusan bintang yg memiliki sub kelompok kecil namanya rasi bintang.


Tiap planet punya bulan, dan bulan nya pasti mengelilingi planetnya

Lalu planet mengelilingi apa? planet-planet mengelilingi bintangnya sehingga bisa terjadi adanya musim, planet kita mempunyai bintang yaitu matahari


Dari kumpulan bintang-bintang disebut gugus bintang



Ada beberapa gugus bintang yang mempunyai sub kelompok kecil dinamakan rasi bintang

Semua gugusan bintang yg terdiri dari banyak matahari, disebut anggota galaksi, mereka termasuk isi galaksi, semua isi galaksi mengelilingi inti galaksi. Nun jauh di luar sana, masih banyak inti galaksi lain yg bertetangga dekat ataupun berjauhan.


Contoh ilustrasi salah satu galaxy, galaxy ada banyak, semua isi galaksi-galaksi mengelilingi inti galaxy

Perkumpulan semua galaksi beserta intinya, masih mengelilingi sesuatu yg lain lagi sampai ujung ujungnya semua bersama sama tawaf ( mengelilingi ) pusat gravitasi semesta yaitu titik tengah jagat raya tempat ledakan awal bigbang bermula.

sebesar apapun benda langit, mereka selalu patuh mengikuti jalur rotasi,bila membangkang akan bertabrakan dan saling merusak jalur yg lain sehingga menyebabkan tabrakan planet yg membunuh milyaran jiwa.. kepatuhan mereka tanpa rasa sombong walaupun mereka berukuran besar, diibaratkan mereka sujud kepada perintah Allah

Al-hajj: 18

أَلَمْ تَرَ أَنَّ اللَّهَ يَسْجُدُ لَهُ مَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَمَنْ فِي الْأَرْضِ وَالشَّمْسُ وَالْقَمَرُ وَالنُّجُومُ وَالْجِبَالُ وَالشَّجَرُ وَالدَّوَابُّ وَكَثِيرٌ مِنَ النَّاسِ ۖ وَكَثِيرٌ حَقَّ عَلَيْهِ الْعَذَابُ ۗ وَمَنْ يُهِنِ اللَّهُ فَمَا لَهُ مِنْ مُكْرِمٍ ۚ إِنَّ اللَّهَ يَفْعَلُ مَا يَشَاءُ 

“Apakah kamu tiada mengetahui, bahwa kepada Allah bersujud apa yang ada di langit, di bumi, matahari, bulan, bintang, gunung, pohon-pohonan, binatang-binatang melata dan sebagian besar daripada manusia?"

sujud itu simbol dari sikap totalitas patuh, sujudnya benda langit itu bukan diatas sejadah, tapi langsung bersikap total patuh menjalankan tugasnya dan berperan sebagai fungsinya masing masing demi keamanan dan keharmonisan jagad raya ini. Tidak terbayang kan jika benda-benda langit seandainya tidak patuh seperti kita? sudah bertabrakan kesana-sini, saling egois dengan pendapatnya masing-masing dan berusaha memprovokasi orang lain dengan embel-embel agama. Sebelum mengimani sesuatu, tabayyunlah dahulu gunakan anugrah terhebat yang Sang Maha Pencipta beri untuk berpikir, paham lebih baik dari pintar, sebab orang pintar banyak, ada pintar maling, ada pintar korupsi, mereka pintar tapi tidak paham, ketika paham maka pintar dan cerdas akan mengikuti :)

Baca juga informasi lainnya di UNI-QUE




Al-Qur'an, https://www.facebook.com/kenpradiptapratama

Comments

Popular Posts