Review Game : TO THE MOON


Hai... Udah lama sekaliii aku gak post artikel baru niih, jujur... suwerrr ini adalah pertama kalinya di blog UNI-QUE menampilkan artikel yg beda dari artikel-artikel di bawah, ALIAS MELENCENG dari topik~~
Biasanya UNI-QUE menampilkan artikel seremm, misteri, teka-teki dan agak kontroverial :3 sekarang ini bener2 mau nyeritain game yg RECOMMENDED!!!! BGT BGT (y) pokoknya ini game seriuss BAGUSSS bgt, sampe admin blog UNI-QUE yg pemilih aja bener-bener terkesima lahh sama ini game :') bener-bener BEJAD! deh... (y)
yuks, langsung............

Dari Judul artikel nya adalah review game, Jadi... aku pernah main ini game yah... serius, ELO KALO GAK NANGIS, BUKAN MANUSIA!! :')
Game To The Moon ini bener-bener sangat emosional, bermakna sangat dalam, dan... bikin nangis gak cukup 1x.

Cerita dimulai terlihat dari gambar... seorang kakek bernama John yang sedang terbaring koma.
Waktu sebelum John tua koma, beliau pernah mengundang sebuah Agency dari NASA dalam bidang kesehatan untuk mencapai impian terakhir nya sebelum meninggal. Karena Agency tersebut mempunyai alat yang bisa masuk kedalam memori otak dan bisa mengubahnya untuk tujuan memenuhi mimpi terakhir.
Dua orang dokter spesialis anggota dari agency kesehatan tersebut datang saat John tua sudah koma. dr. Neil Watts dan dr. Eva Rosallene adalah dokter kocak yang sering berantem XD
Saat mereka datang kerumah pasien mereka, John, disambut dengan pelayan nya dan anak-anak nya. Pelayan John bernama Lily, Lily menunjukan kamar John.
Saat ditanya, "Apa keinginan terakhir beliau?" Lily menjawab, "Pergi ke bulan."
Pernyataan ini sungguh aneh dan mustahil, untuk itu, mereka disuruh keliling-keliling rumah.
Saat keliling-keliling, anak-anak Lilly menjadi penunjuk arah, mereka bilang ada sebuah ruangan yang mereka sebut sebagai Funny Room, Karena benda-benda yang ada disana sangat aneh. Saat dr. Neil melihat Funny Room, ternyata benar! banyak sekali origami kelinci bertebaran dilantai, juga terdapat boneka bebek Platypus yang aneh di ruangan itu.


Platypus Doll


Kemudian anak-anak Lilly memberitahukan lagi ke dr. Neil bahwa ada satu tempat lagi yang punya banyak benda-benda kayak gitu, yaitu di Mercusuar, ada diluar rumah.
Mereka ke Mercusuar, terlihat di luar Mercusuar terdapat sebuah kuburan yang tertulis, "In Memoriam River Wyles, sekarang dia tidak akan sendirian lagi."

waktu aku main, samaa koo, aneh dan bingung, tapi lanjut dehh! Terus, dr. Neil masuk ke mercusuar, ternyata benar... memang banyak origami kelinci, tapi satu berbeda dari origami yang lain, origami di funny room berwarna kuning saja, ini hanya ada satu origami yang mempunyai 2 warna, yaitu warna kuning di perut kelinci, warna biru di telinga dan kaki kelinci.



Origami Kelinci 2 warna, kuning dan biru

Setelah itu, dr. Neil kembali kedalam rumah, di dalam rumah juga kita bisa melihat ada piano dan secarik kertas berisi notasi balok nada yang berjudul "For River". *musik-musik di game ini kerenn-keren bikin kamu langsung download pokoknya!*
Saat kembali lagi ke kamar kakek, mulailah mereka berdua menyalakan alat mereka untuk masuk kedalam memori John tua. Karena, pertama yang harus dilakukan untuk menggapai permintaan terakhir seseorang adalah cari tahu dulu alasan kenapa John ingin pergi ke bulan.

Masuklah dr. Neil dan dr. Eva ke dalam memori John saat sebelum jatuh koma. Terlihat mereka saling berkomunikasi dengan John, mereka ingin menanyakan alasan kenapa John begitu ingin sekali pergi ke bulan, tapi John benar-benar tidak ingat mengapa, yang membuat dr. Neil dan dr. Eva harus meminta izin kepada John untuk memasuki memori nya lebih jauh lagi.
Melewati barang-barang yang mempunyai kenangan yang terhubung ke masa lalu, kedua dokter itu pergi untuk mengakses memori John sebelum-sebelumnya. Masuklah mereka ke memori John saat dia sedang duduk melihat kuburan istrinya, River. *disini umur John maupun River sudah tua yah, sebelum John koma*
Mungkin ini adalah memori John saat sehari setelah meninggal River istrinya.


River dan John, Mercusuar Anya

John yang sedih berkata, "Anya tidak akan sendirian lagi." saat aku main disini, aku bener-bener dibuat bingunggg bgt sama siapa itu Anya, kenapa banyak origami kelinci aaahhh! pokoknya bikin bingung dan penasaran..
Kemudian dokter-dokter itu mencari lagi benda-benda yang berhubungan dengan masa lalu sehingga mereka bisa mengakses lebih jauh lagi ke memori John yang lama.

Masuk lagi ke memori John tua yang masih ada River, disitu terdengar percakapan River dan John, bahwa River sedang sakir parah, dan membutuhkan uang untuk biaya medis. Saat itu John dan River sudah terlanjur berencana membangun rumah di dekat mercusuar yang baru setengah jadi. River menginginkan agar rumah tetap dibangun, agar River bisa setiap hari mengunjungi Anya. Terdengar lagi nama Anya disebut-sebut, yang membuat aku stak! gak tau bgt siapa itu Anya. Pokoknya yang namanya Anya itu adalah sangat penting bagi River.
Sedangkan River ingin pembangunan rumah diteruskan, tapi John tidak mau, dia ingin memakai uang mereka untuk biaya obat Rumah Sakit agar River sembuh.... :') disini aja udah sedih, gimana gak sedih! kita belajar disini gimana pusingnya saat gak ada uang :') dan terlebih lagi kita udah tau bahwa ntar River nya meninggal gara-gara uang nya dipake bangun rumah yang sekarang ini, karena permintaan River sendiri. Setelah mereka berdebat, kemudian River menunjukan sesuatu kepada John, sebuah origami yang mempunyai 2 warna... River menyuruh John untuk menyebutkan semuuuuaa ciri-ciri dari origami tersebut yang membuat John bingung setengah mati dengan tingkah River, John menyebutkan bahwa origami itu mempunyai 2 warna, biru dan kuning, sama seperti origami-origami kelinci yang udah dia buat. Kemudian John mengalihkan pembicaraan, John ingin menunjukan bahwa dia telah menciptakan lagu untuk River yang berjudul 'For River'.
Ahhhh :') sweet bgt betapa John cinta bgt sama River.


For River

Tetap dokter Neil dan Eva harus mencari lagi benda yang berhubungan dengan masa lalu di situ, setelah menemukan kemudian mereka pergi lagi ke memori John yang lebih jauh kedalam.

Terlihat ada John dan River dewasa sedang berbincang-bincang dengan sahabat mereka sejak sekolah dulu, yaitu pasangan Nicholas dan Isabelle. Saat itu mereka berbincang-bincang di toko buku, River hobi sekali membaca buku, dia bilang kepada John bahwa dia sangat menyukai buku series yang berjudul Animorph, itu lho dongeng tentang anak-anak dan satu alien yang berteman dan bisa berubah bentuk jadi binatang lain, pokoknya dulu buku cerita fiksi Animorph ada deh tahun 2000an. Nah River tuh suka bgt sama buku itu, dan kebetulan ibu nya John ngasih buku-buku serial lengkap Animorph ke River, tapi River merasa aneh kenapa John gak suka baca buku itu, padahal ibunya membelikan nya dan hanya ditumpuk saja, tapi John menganggapnya ngapain baca buku dongeng yang buat anak kecil.
Saat River sedang pergi membeli buku, John curhat dengan sahabat nya Nick, curhat tentang istrinya River bahwa dia gak habis pikir kenapa River begitu aneh sikapnya, jarang berbicara, dan melakukan sesuatu yang gila, seperti membuat origami-origami kelinci dan teruuuuus-terusan melakukan itu dari hari ke hari. Tapi John sangat tahu sekali kalau ada sesuatu yang sangat ganjil dan mengganggu pikiran nya saat River melakukan hal gila tersebut.

Kemudian dr. Neil dan Eva mencari lagi benda-benda yang berhubungan dengan masa lalu agar dapat mengakses memori John lebih jauuhh lagi, karena sampe saat ini alasan kenapa John ingin pergi ke bulan masih belum terjawab sehingga membuat Neil dan Eva harus lanjut mengakses memori John.

Sampailah mereka di dalam rumah lama John dan River, terlihat disitu River meninggalkan 1 origami kelinci untuk John, kemudian John memanggil istrinya, saat John menyamperi River, dia sedang membuat banyaaakkk sekali origami kelinci, John sangat bingung dan bertanya-tanya pada River, tapi River hanya berkata "sebutkan apa yang kau lihat dari origami kelinci ini.."
John mengatakan bahwa origami ini berwarna kuning, dan terbuat dari kertas, kemudian John mengatakan bahwa River telah bertindak sangat aneh, tapi River tidak menjawabnya.

Tidak mendapat info kenapa John mau pergi ke bulan, maka dr. Neil dan Eva pergi lagi mencari benda yang berhubungan dengan masa lalu untuk mengakses memori John muda.

Terlihat mereka dikirim ke mercusuar di bagian luarnya, sebuah pesta sepertinya sedang diadakan sangat besar-besaran disini, kemudian terlihat John dan River berdua di pinggir mercusuar, mereka hendak menikah di tempat ini... di mercusuar tempat rumah mereka dibangun dipinggirnya. Nah, barulah aku ngerti siapa Anya itu... sebelum pesta mulai, River bilang ke John kalau dia mau menamai mercusuar ini dengan nama Anya. *tapi sejujurnya masih bingung sih kenapa si River suka bgt sama mercusuar itu, walo alasan nya adalah tempat pernikahan mereka kayaknya kurang tepat deh*
aaaah pokoknya so sweeet bgt saat mereka menikah <3



Tapi.... setelah pernikahan, ada sesuatu di jalan raya, yaitu bangkai kelinci yang habis terlindes mobil... disiti River melihat bangkai itu terus menerus. Dari situ aku mulai merasa kalo River itu sifatnya eksentrik dan kayak keganggu gitu psikologisnya. *lagian kenapa harus kelinci mulu*

Belum juga mendapatkan alasan pergi ke bulan, maka teruuuus saja dr. Neil dan Eva harus mengakses lagi memori John lebih dalamm, sehingga sampailah mereka di sebuah tempat pacuan kuda. Terlihat disini John dan River yang masih remaja sedang menaiki kuda, ini adalah memori John saat berkuda dengan River.

Mengakses lebih jauh lagi ke memori John saat John dan River pergi ke Rumah Sakit, terlihat River remaja sedang check kesehatan, dan dokter dimasa itu bilang bahwa River terlambat cek! River mengidap sebuah sindrom autisme, yang disebut sindrom Asperger . Ini adalah sindrom dimana penderita kesusahan dalam berkomunikasi secara normal *kayak definisi autis, gangguan komunikasi dengan orang lain*. Penderita Asperger amat sangat tidak mampu untuk berbicara langsung ke intinya, alias walau umurnya masih anak-anak, namun pengetahuan nya udah melebihi orang dewasa, sehingga penderita akan menjadi lebih mandiri dan terlihat aneh, karena gangguan komunikasi itu yang membuatnya tidak mampu berbicara langsung.

Nah, dari sini aku mulai sedikit-sedikit terang, tuuh kan bener River psikologisnya agak beda.

Oh iya, selama di game, aku suka ngeliat kalo River itu selaluuuuu membawa boneka Platypus kemana-mana, dari kecil sampe udah tua, pokoknya itu boneka kayak yang bener-bener benda penting yang wajib dia bawa kemana-mana.
Sebenernya aku tuh lebih tertarik sama karakter River disini :') ahh pokoknya ikutin terus baca sampe bawah deh. :')


Ada apa dengan boneka ini?


Kemudian, belum juga dapet alasan nya John, maka pindah lagi ke memori John yang lebih jauhh sebelum ini.
Disini, terlihat mereka sedang berada di dalam bioskop, kayaknya sih John dan River mau nonton di bioskop, saat itu John yang sudah menunggu di dalam, pindah keluar untuk menunggu River di luar. Gak lama dari itu, River keluar juga dari dalam, John merasa bingung kenapa dia datang dari dalam, River mengatakan bahwa dia sudah ada di dalam dari tadi, tapi John merasa aneh karena River tidak menyamperi John, tapi River bilang "apa yang salah? kita kan tetep nonton film yang sama diruangan yang sama.." *gue suka banget dah ama pemikiran River* Akhirnya mereka menonton bersama.

Di memori yang ini, sama sekali belum ada kabar-kabarnya tentang alasan John mau pergi ke bulan. Akhirnya menjelajah lagiii deh ke memori sebelumnya lagi.

Di memori sebelumnyaa :3 ciyeeee bgt lah, disini John nembak River lho.. tempatnya di sekolah mereka, ini adalah memori semasa kecil mereka saat mereka bertemu satu sekolah.


John dan River jatuh cinta

Saat itu River yang sedang membaca buku dan always boneka platypus dipegang-pegang kemana-mana, John bertanya dia sedang membaca buku apa, River menjawab sedang membaca buku tentang Mercusuar, John bertanya lagi seperti ikut-ikutan tertarik ingin tahu, River bilang...
" Ribuan mercusuar berada di angkasa yang luas tersebar, tapi hanya salah satu dari mercusuar itu yang terpantulkan cahaya, dan aku."

Disini juga samaaa gak ngerti pokoknya, terus John bocah mengajak River nonton movie dibioskop aduuuuh bocaah ampun ah :3

Tapi River bilang tidak tahu, walau bilang begitu kita udah tau kok kalo mereka jadi nonton di masa depan *ciyee*

Setelah adegan itu, dr. Neil dan dr. Eva tetap harus mencari info tentang pergi ke bulan. Merasa disitu gak dapet info, kembali lagi mencari benda untuk mengakses ke memori sebelumnya.

Saat memasuki memori sebelum dari adegan ciye ciye ini, ternyata memori John terputus sampe disini alias John tidak kuat dan tidak bisa ingat lebih muda lagi. Ini membuat dr. Neil dan Eva kembali ke luar dan melepas alat.

Setelah di cek, ternyata, ada sebuah Beta-Blocker yang terdapat di tubuh John, ini yang membuat ingatan John menghilang...

Tahukah kamu apa itu Beta-Blocker? Jadi Beta-Blocker itu adalah obat anti depresan, obat anti kecemasan yang bisa membuat orang yang memakainya kehilangan ingatan jangka pendek atau panjang. karena obat ini bisa menghambat apaa gitu deh pokoknya gue bukan dokter XD

Setelah mengetahui ada beta-blocker di tubuh John, untuk bisa mengakses kembali ke memori yang terputus karena lupa itu dengan cara di pancing dengan sesuatu yang masih tanda tanya, yaitu kenapa ada bangkai kelinci selalu familiar di memori-memori John, maka, dr. Neil dan dr. Eva mengambil sampel bangkai kelinci untuk dipancing dengan indera bau... kemudian John bisa ingat kembali kejadian sebelum itu dan akses memori tidak lagi terputus.

Waktu itu... mereka dikirim ke suasana seperti perumahan yang damai dan tentram, dimana John kanak-kanak tinggal. terlihat John sedang bermain bola.. Tiba-tiba Ibu nya tidak sengaja menabrak John kecil yang sedang bermain bola dengan mobil hingga meninggal dunia. Nahhhh! disini nih binguuungggggg bgt, kalo John meninggal... yg koma ini syapa?
TERNYATA... yang tertabrak itu adalah sodara kembarnya John! namanya Joey...
Joey adalah saudara kembar John, Joey anak yg selalu di spesialkan oleh ibunya. Kecelakaan naas itu dilihat langsung oleh saudaranya, John, John sangat stress apalagi masih kecil. Maka ibunya memberinya Beta-Blocker agar supaya John melupakan bahwa dia punya saudara kembar. :')
Sedih yah... :')

Setelah kejadian itu, dr. Neil dan Eva menjelajah kembali ke memori John sebelum itu, terlihat 2 kembar John dan Joey sedang ngobrol tentang cita-cita, Joey yg sifatnya lebih banyak ngomong dia ingin menjadi penulis novel, daaaaaan Joey sangat menyukai cerita Animorph! Joey menyuruh John untuk membaca salah satu buku itu.. *naah sekarang baru aku ngerti siapa yang dulu suka baca buku Animorph*

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------
---------------------------------------------------------------------------------------------------

Setelah percakapan itu, dr. Neil dan Eva kembali lagi masa lalu di memori John sebelum itu.
Ini adalah memori dimana si kembar John dan Joey dan ibunya pergi ke festival tahunan. Joey mendapatkan hadiah kereta api mainan, sedangkan John mendapat boneka. keduanya rebutan ingin dapet kereta api, akhirnya John agak ngambek sama sodaranya dan ingin bermain sendirian di festival tersebut. Akhirnya John dibolehin ibunya pergi sendirian tapi jangan jauh-jauh. EEEH taunya malah misah jauh bgt si John kecil, dia malah naik ke bukit dan menemukan tempat yang amat sangaaaaaaaaaaaaatt indah :)
Disitu, gak disangka bertemu dengan River kecil :') ternyata... mereka udah saling bertemu dari keciiil :'(


Sweet River and John
Ternyata River juga sering ke tempat indah itu, diamana dia melihat bintang-bintang bertaburan...
John mengajaknya berkenalan tapi River tidak mau menyebutkan namanya karena dia tidak suka namanya tidak sama dengan nama kebanyakan orang punya juga suka di bully dengan nama seperti itu. Tapi John menyebutkan namanya, yang pada akhirnya mereka saling ngobrol :')
Saat itu John dan River sedang menebak membuat rasi bintang diangkasa, tapi John kalah cepat oleh River yan sudah menemukan nya duluan, Rasi bintang itu berbentuk diantara bulan yang terang di tengah-tengah mata mereka.
John tidak bisa menemukan rasi binta yang dimaksud River, River berkata, kalo itu sangat besar dan satu-satunya yang besar. Akhirnya John bisa melihat Rasi bintang itu.

"Kedua telinga, dan kedua kaki, dengan bulan sebagai perutnya, itu gambar kelinciiii!"

Teriak John pada River. River tersenyum.

Rasi Bintang Kelinci

River mengatakan bahwa dia tahu cahaya-cahaya di langit itu *bintang* berasal dari mana. John bertanya apa itu, kemudian River menjawab kalau cahaya-cahaya termasuk bulan itu adalah Mercusuar...

"Ada ribuan mercusuar yg terdapat di dunia ini, tapi hanya satu yang terpantulkan cahaya nya ke bulan dan kepadaku."

Tidak lama dari itu... John yang telah berjalan jauh dari festival, terdengar suara ibunya memanggil.
Sebelum pergi, River mengatakan pada John.

"Apakah kau akan kembali lagi kemari tahun depan?" Tanya River.
John menjawab ya, di tempat yang sama dan waktu yang sama. Tapi River ragu akan pernyataan itu, River takut apabila John melupakan pertemuan mereka tahun depan disini, atau tiba-tiba John menghilang. John berjanji akan berkumpul di bulan bersama River alias di perut kelinci.

INILAH... Disinilah ternyata terungkap alasan mengapa John sangat ingin pergi ke bulan :')
Ternyata ini adalah janji dia sendiri kepada River.


J: "u didn't tell ur name?"
R: "i didn't want to tell u."
J: "Why u don't want to tell ur name?"
R: "because my name make everybody go to the washroom when hear it."
J: "My name is John. I didn't like this name because is a lot of people have this name"
R: "so what's wrong? if there's a lot of people have that name?"
J: "it's kinda boring. I like to be different."
R: "let's find constellations."
J: "and let's see who find it first."
R: "I see it..."
J: "what? I mean where? I didn't see anything."
R: "it's on the sky."
J: "yea I mean where?"
R: "think big, it's a big one."
J: "I see it!!"
R: "then tell me what u see."
J: "it's have two pairs of ears"
R: "what else?"
J:"two pairs of leg."
R: "yes, what else.."
J: "is a Rabbit, and the MOON is the tummy!."
R: "will u here again next year?"
J: "yes I will."
R: "same place and time?"
J: "yes of course."
R: "but, what if u forgot or get lost?"
J: "Then we will group To The Moon."
R: "u mean on Rabbit Tummy?"
J: "yes.."
R: "promise smile emotikon "
R: "I promise.... "
- Story :To The Moon -


Nah... Saat detik-detik perpisahan mereka, John memberikan boneka Platypus hadiah dari bermain di karnival tadi kepada River..
Inilah alasan mengapa River selalu membawa boneka Platypus itu kemana-mana. :')

.........................Gimana? Sedih yah :'(



Pertemuan Pertama John dengan River yang terlupakan :')

Sayang sekali :'( pertemuan pertama mereka ternyata udah di remove sama beta-blocker, yang tadinya cuma mau melupakan tentang kecelakaan sodaranya, yang otomatis memori indah pertemuan pertama dengan River terlupakan plus janji John kepada River untuk datang lagi ke Festival Karnaval di tahun selanjtnya. :'''(

Sedih bgt yah... udah lupa punya sodara kembar, udah tua malah di hantui sama janji nya sendiri :')
Maka dari itu, setelah pemakaian Beta-Blocker kepada John, John tidak pergi ke festival tahunan di tahun selanjutnya. River tetap menunggu John :')
Hingga pada suatu hari John dan River satu sekolah dan dipertemukan, hingga pada akhirnya mereka menikah dan tua bersama, namun sampai akhir hayat, River tidak mampu membuat John ingat kembali tentang janji di masa lalu..... Pertemuan mereka yang sangat indah dan penuh cerita mimpi masa kecil.... :')

Itulah alasan mengapa River bersikeras ngotot ingin pembangunan rumah di dekat mercusuar harus selesai, semata-mata hanya ingin membuat John jadi ingat lagi, walau sudah membuat banyak origami kelinci, sampai membuat origami dengan 2 warna yang bermaksud menggambarkan bulan lebih rinci, semata-mata hanya membuat John bisa ingat, bahwa pertemuan pertama mereka bukanlah di sekolah :')

Maka dari itu, karena sudah terlanjur beta-blocker di tubuh john sudah di netralkan, Otomatis John yang koma ingat lagi dengan pertemuan pertamanya, dan ingat dulu mempunyai sodara kembar yang sudah meninggal. Tentu ini menjadi pekerjaan berat bagi dr. Neil dan dr. Eva sebagai pakar, maka mereka memutuskan untuk mengubah 1 kejadian untuk memenuhi keinginan terakhir John, yaitu Joey sodara kembarnya tidak meninggal dan kini menjadi penulis novel terkenal, sedangkan John yang bercita-cita ingin menjadi astronot, selalu mengirim surat kepada River tiap tahun, dr. Neil dan Eva membuat memori-memori buatan itu karena memori yang asli terlalu sakit dan perih untuk terus diingat, juga terlambat bila mewujudkan impian terakhir ke bulan bila River sudah meninggal.
Memori buatan dr. Neil dan Eva membuat John dewasa pergi ke kantor NASA untuk pergi ke bulan, bersama seorang partner, yaitu River :)


Roket keberangkatan John dan River


Di ending cerita, akhirnya John dan River pergi ke bulan bersama... countdown keberangkatan mereka dimulai.... yang sedih nya itu, saat di dalam roket, River mengulurkan tangan nya kepada John, saat John memegang tangan River.... detak jantung John di dalam mesin berbunyi panjang, tanda John yang sudah kritis akhirnya meninggal juga :''''')

Begitulah kisah game To The Moon yang bikin ahhh :'( banyak hikmah yang dipelajari disini, yang pertama kita harus percaya bahwa takdir dan jodoh tidak akan lari kemanapun sekalipun kamu amnesia :')
BTW, aku suka bgt sama sifat River, soalnya aku pikir apa yang dilakukan River itu hampirrr sama dengan apa yang bakal dilakukan oleh kita bila menyadari bahwa orang yang kita cintai tidak ingat dengan pertemuan pertama nya dan janji nya. Karena River nya sakit, yang membuat dia sulit mengungkapkan apapun jadi... terjadilah kejadian ini, hingga meninggal River tidak mampu membuat John ingat.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
YOSH! Sekian dari artikel iniii :') teriakasih sudah membaca panjang lebar sampe akhir hehehe, tetep terus membaca dan sangat boleh bertanya di komentar, tapi harus berkaitan dengan topik yang di ceritakan yaah :)

Link Download Game To The Moon
Baca juga informasi lainnya di UNI-QUE

Comments

  1. review lu yang paling mudah di adaptasi dengan imajinasi gan, yhanks yaa over all

    ReplyDelete
  2. tadi ane baca di blog lain binggung ceritanya. di sini baru ngerti apa ceritanya. btw kata temen ane ceritanya sedih banget kalau sambil main dan dengerin lagunya. thanks min sharenya

    ReplyDelete
  3. Mantap gan..nice review
    ane baru sadar kalo selama ini river bikin kelinci cuman buat utk ngingatin si john :'(

    ReplyDelete
  4. Ini penulis hebat di game kurang paham jadi bisa paham disini, makasi ya.. Tolong jangan kasi banyak bawang donk :(

    ReplyDelete
  5. baru aja selesai main ini game :'). nyari artikel yg jelas disini, karena masih kurang paham sama bahasa inggris di gamenya :'''). makasih ya min, kalau ga nemu artikel ini, gatau deh kayak gimana kelanjutannya :"). thank u min!!♡

    ReplyDelete
  6. Ceritanya mengharu birukan perasaan.....seseorang yang rela berkorban,berusaha untuk pasangannya demi menginggatkannya dengan sebuah janji di masa lalu.untuk sebuah kenangan yang tak terlupakan.Dengan semangat dan keyakinannya walaupun akhirnya usaha yang ia lakukan tak terwujud.I like the story..saya akan coba gamenya.thank's

    ReplyDelete

Post a Comment

Isi komentar yang baik dan mengandung masukan untuk penulis nya ya :)
sangat dilarang keras berkata kasar dan mengkomentari dengan gaya bahasa sarkasme sekalipun. #NoDigitalHate

Popular Posts