Fenomena Entoptik Biru dan Muscae Volintates

Halo pembaca :) artikel UNI-QUE ini adalah tentang sebuah fenomena yang penulis baru saja lihat tidak sengaja saat sedang menatap awan yang hendak mendung tadi sebelum hujan.  Ini adalah penjelasan fenoma tersebut dalam biologi. Langsung saja yuk!


Muscae Volintates


Muscae Volintates adalah nama latin dari objek kecil yang sering disebut Floaters atau The Flying fly. Floaters itu bukan serangga atau makhluk hidup, floaters adalah objek mungil yang tertangkap bayangannya di retina. Objek mungil itu jatuh di belakang mata dan tertangkap oleh retina, yang apabila mendekati retina semakin jelas kelihatan, dan apabila menjauh semakin buram.
Mata hanya merekam keberadaan benda yang ditangkap oleh retina. Tapi floaters itu sangat tidak berbahaya.

Floaters, objek mungil

Gambar diatas adalah penampakan nya lah kurang lebih seperti itu. Dan Floaters bisa terlihat biasanya ditempat yang teraang banget seperti saat melihat salju, screen komputer, atau langit seperti penulis lakukan tadi.

Jika teman-teman pernah tiba-tiba bisa melihat benda diam terlihat oleh mata sekejap hilang lagi itu jangan diabaikan, tapi terus dirasakan... itulah teman kecil bahwa kamu itu tidak sendirian ;) hihihi...
Ada yang lebih asyik lagi...


Blue Fields Entoptic Phenomenon


Berbeda dari Floaters, Fenomena Entoptic Biru bukan floaters. Fenomena entoptik biru akan terlihat apabila retina mata kamu sudah mulai bisa menangkap cahaya frekuensi tinggi, sebab fenomena entoptik ini terjadi ketika retina kamu bisa menangkap pergerakan sel darah putih yang diikuti sel darah merah di pembuluh darah mata. Makanya pertamanya kamu akan melihat warna hitam bulet-bulet kecil dulu, itu sel darah merah yang saling tumpang tindih ngekor di belakang sel darah putih. Kalau diteruskan untuk fokus melihat ke tempat bercahaya seperti screen komputer, langit, atau salju (tempat yang biasanya suka muncul). Seperti gambar berikut.

Blue Entoptic Phenomenon

Bukan lagi menangkap bayangan seperti melihat Floaters. Tapi melihat pergerakan sel darah putih yang ada di pembulu darah.

Blood cell Phenomenon Entoptik Animation

Seperti gambar dibawah ini yang akan terekam dimata apabila retina mata kamu bisa menangkap fenomena entoptik biru yang membutuhkan konsentrasi untuk melihat frekuensi cahaya yang tinggi ini.

Fenomena Entoptik Biru hasil tangkap retina mata melihat pergerakan di pembuluh darah mata

Jadi guys, tinggalkanlah pikiran "ini mistis!", "itu mistis!" semua bisa dijelaskan kok jika manusia mau berpikir. Sudah jelas dalam Al-Qur'an "Agar kamu berpikir", itu jelas bgt artinya guys... kapan dong kita majunya kalo semua kita takuti dan klaim itu semua mistis?? Takut itu hanya kepada Allah SWT, Tuhan ku, Tuhanmu, dan Tuhan seluruh alam semesta.
Banyak sekali yah guys rahasia-rahasia lainnya di dunia ini yang menunggu untuk kita bongkar agar supaya kita lebih bisa bersaksi atas kenikmatan hidup kita ini. Jadi, bukan cuma game Harvest Moon atau Stardew Valley saja yang punya banyak rahasia di dalam memainkannya, hidup ini.... mempunyai begitu banyak rahasia yang Allah buat untuk kita berpikir. Subhanallah, Maha besar Allah. Nikmatnya ilmu ini semoga bisa membuat kita menjadi kaum yang maju dan berpikir.

Baca juga informasi lainnya di UNI-QUE

Source: simpleorganiclife[dot]org

Comments

  1. oooo,, namanya floaters ya?
    itu floaters bergerak mengikuti bola mata, jd kita ngga bisa fokus melihatnya.

    aku kira itu semacam kotoran dibelakang selaput mata di depan lensa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi bukan kotoran kok ^_^ yok dicoba liat besok siang ke langit kalo floaters itu kayak benda kecil biasanya sel darah merah, dan protein yg terbang2 mendekat ke retina. kalo fenomena entoptik berbea, itu pergerakan di pembuluh darah,sel darah putih kita di pembuluh darah mata, kan Tuhan kita menyuruh kita untuk kenali diri sendiri. Allah sudah membuat kita tidak mustahil untuk melihat sel kita sendiri ;)

      terimakasih, terus membaca.

      Delete
  2. berarti bentuknya bisa berubah-ubah ya, dan letaknya bisa berpindah?
    karna sel kan terus bersirkulasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya, pindah pindah terus ngilang, ada lagi muncul yg baru terus ngilang, sama kayak gambar yg diatas.. persis.. kayak gitu.. terbang2 berkecamuk. Tapi bentuk mah gak berubah, kita cuma liat titik2 doang kok

      Delete
    2. ini ada video yang menjelaskan nya tapi dalam b.inggris :) tapi di blog ini udah di terjemahkan kok ke b.indonesia supaya umat memahaminya.

      https://www.youtube.com/watch?time_continue=87&v=Y6e_m9iq-4Q

      Delete
  3. serem juga yah kalo bisa fokus ngeliat keduanya..tapi awalnya dikira bayangan hitam di sisi mata.. berasa ada yg ngeliatin di samping HAHAH mungkin itu pendapat orang2 yg gk tau..

    Tapi mau nanya, itu floater katanya bukan makhluk.. benda.. benda apa itu? sejenis debu ato benda solid?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, biasanya orang yg melihat floaters itu dianggap kuman, alias makhluk hidup, itu bukan kuman, biasanya itu sel protein dan hemoglobin yg berjalan deket ke retina mata.

      terimakasih, terus membaca

      Delete

Post a Comment

Isi komentar yang baik dan mengandung masukan untuk penulis nya ya :)
sangat dilarang keras berkata kasar dan mengkomentari dengan gaya bahasa sarkasme sekalipun. #NoDigitalHate

Popular Posts