Teori Relativitas Umum : Timelessness to Imagine 5th Dimension

Salam membaca!
Artikel kali ini adalah mengenai Teori Relativitas Umum yang di tekankan pada bagian dimensi, ruang dan waktu. Seperti yang pernah UNI-QUE tulis dalam artikel sebelumnya tentang Teori Relativitas Khusus, yang membahas tentang gravitasi yang lebih cepat dari cahaya untuk menjelaskan bagaimana cahaya bergerak dalam kerangka acuan yang datar, seperti lampu senter yang kita pantulkan ke tembok atau ke cermin. Dan buktinya sudah dijelaskan dalam artikel Teori Relativitas Khusus bahwa adanya gravitasi yang membuat kecepatan pesawat sangat lambat bila dilihat dari bumi maupun di dalam pesawat, tapi sangat cepat bila melihat dari luar pesawat. Dalam artikel tersebut telah dijelaskan seperti ada pembelokan waktu yang terjadi di angkasa, tertangkap oleh mata telanjang dengan mudah.
Nah! sekarang UNI-QUE akan membahas tentang dimensi, ruang dan waktu yang hanya dibahas dalam teori relativitas umum ini untuk menjawab beberapa pertanyaan yang kurang masuk diakal dalam Teori Relativitas Khusus.


Pengertian Awal

Teori Relativitas Umum adalah teori yang mempelajari bagaimana cahaya bergerak pada kerangka acuan yang BUKAN datar, alias bengkok (baca: belok). Nah, kalo Teori Relativitas Khusus yang dulu pernah di bahas adalah teori yang mempelajari bagaimana cahaya bergerak pada kerangka acuan pada bidang datar, seperti apa yang kita lihat ke benda yang ada di depan mata kita.


Cahaya jatuh dalam penglihatan 2D

Gambar diatas menunjukkan bahwa dimanapun cahaya datang, penglihatan pada benda 2 dimensi hanya akan jatuh kepada bidang datar yang terlihat dari benda 2D tersebut.


2 Dimensi

Apabila kita melihat objek 2D seperti diatas, apa yang terlihat dari sudut pandang King kepada Queen adalah garis.


1 Dimensi

Apa yang dilihat dari sudut pandang 2 Dimensi adalah 1 Dimensi. Lalu bagaimana dengan 3 dimensi?



3 Dimensi memperlihatkan bentuk benda secara keseluruhan, darimanapun kita melihat, sisi kanan dan kiri benda didepan kita pasti terlihat. Berbeda dengan 2 Dimensi, benda 2 Dimensi hanya terlihat punya 1 bidang datar saja. Manusia berwujud 3 Dimensi, kita yang 3 Dimensi melihat benda apapun yang ada di depan kita pasti 2 Dimensi, bedanya ditambah ada bayangan sisi kanan atau sisi kirinya jadi benda tersebut terlihat punya volume. Sama seperti 2 Dimensi yang melihat apapun di depan nya gak lain hanya melihat 1 dimensi alias, ujung ketemu sama ujung benda lain yang dilihat hanya garis (bayangkan gambar kartu diatas).

Kenapa seperti itu? jadi maksudnya selama ini kita gak pernah lihat benda 3 dimensi?
Bagi siapapun yang beranggapan bahwa dunia ini adalah dimensi ketiga itu salah besar! Mari kita bongkar penjelasan UNI-QUE ini.


Dimensi, Ruang dan Waktu


Kita mulai dari sebuah 1 titik yaitu Dimensi ke 0 (Zeroth Dimension). bayangkanlah kita ada di dimensi nol, di dalam sebuah titik, dan kita berjalan kedepan...



Kalau kita berada di dimensi ini, lalu berjalan lurus kedepan, secara teori kamu hanya jalan di tempat walaupun kamu berlari sekencang apapun. Karena di dalam dimensi ke nol tidak ada waktu, alias abadi. Kalau tidak ada waktu, tidak akan ada yang tumbuh, berkembang, dan mati. Jalan ditempat muter-muter selamanya.

Masuk ke dimensi ke satu. Semua yang ada dalam 1 Dimensi sudah memiliki nilai yaitu variabel panjang. Maka dari itu 1 Dimensi hanya memiliki panjang, panjaaaaaaaaaaaaaaaaangg tak terhingga.


garis tak hingga di dimensi ke satu

Kemudian lanjut dimensi kedua, dimana dalam dimensi ini mempunyai dua nilai yang mencirikan bahwa ini adalah benda 2 Dimensi, yaitu adanya variabel panjang dan lebar.





Didalam dimensi ke tiga, secara mutlak dan sudah diakui, nilai didalam dimensi ketiga tambah lagi menjadi tiga, yaitu adanya variabel panjang, lebar dan tinggi.


panjang lebar dan tinggi dalam 3 dimensi





Hampir semua yang yang hidup, dan benda mati di bumi ini memiliki panjang, lebar dan tinggi, dimana adanya ketiga variabel tersebut maka benda 3 dimensi pasti punya volume. TAPI TIDAK HIDUP.

Pernahkah terpikir oleh anda, jika dunia ini 3 dimensi yang katanya 3 dimensi punya panjang lebar dan tinggi, secara logika jika panjang itu untuk sebuah sisi disamping, lebar untuk sisi kebelakang, dan tinggi untuk sisi kedepan.. bukannya malah tetep keliatan 2 Dimensi? sebab tanpa ada salah satu benda tersebut yg bergerak memperlihatkan atau melihat sisi nya yang lain, belum bisa kita mengatakan itu adalah 3 dimensi. Sedangkan faktanya dimensi ke tiga hanya punya tiga variabel saja... gak ada sebuah space lagi buat bergerak? artinya untuk bisa bergerak, sebuah dimensi harus mempunyai satu lagi nilai variabel.


Padahal 3 dimensi, punya volume, tapi tanpa bergerak? keliahatan 2 dimensi biasa

Pertanyaannya... dinamakan apa variabel untuk bergerak itu?

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Imagine 4th Dimension


Bagi semua orang yang mengatakan bahwa 4 Dimensi itu tidak ada, SALAH!
Justru kita ada di dimensi ke-4 dimana dalam dimensi keempat barulah ada kehidupan, ada yang berkembang, ada yang tumbuh, ada yang berevolusi, ada cinta, ada benci, dan ada kematian. Sebab dimensi ke-4 ada 4 variabel, yaitu variabel panjang, lebar, tinggi, dan Time (waktu).

Teori Relativitas Umum bermain di dimensi ke-4 dimana ada waktu berarti ada pergerakan. kita semua ada dan hidup karena adanya waktu, tanpa ada waktu... kita semua benda mati yang cuma bisa melihat benda di depan kita seperti 2 Dimensi semua. 

Imagine 4th Dimension

Dan konsep dimensi ke-4 diatas, panjaaaaaang sampai ujung bumi.


4th dimension conseptual by UNI-QUE




Yep, inilah guys dunia kita 4 dimensi, dimana ada batasnya, ada kematian.

Jadi guys, dimensi ke-4 itu ada yah :) nyata sekali. Lalu bagaimana dengan dimensi selanjutnya?


---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Imagine 5th Dimension


Membayangkan 5 Dimensi, seperti ini.. panjang lebar tinggi dan waktu membelah menjadi dua. Yang disebut daerah dimensi ke-5 itu ada sebuah daerah dimana apabila kita berada ditengah-tengahnya, kita mampu melihat apa yang bakal terjadi nanti maupun yang sudah lampau seperti masa lalu. Daerah dimensi ke-5 seperti berikut ini.


Imagine 5th Dimension
Garis-garis merah diatas adalah bagian daerah dimensi ke-5. Ciri-ciri daerah dimensi ke-5 adalah rusaknya satuan waktu, alias kita merasa bergerak dengan kecepatan sama dengan yang lainnya tapi terlihat lambat. Sama seperti melihat pesawat dari bumi, padahal pesawat melesat dengan kecepatan tinggi, tapi kita melihatnya pesawat berjalan lambat, artinya apakah kita yang berjalan lambat atau kita terlalu cepat? Hal ini seperti ada sebuah pembelokan waktu layaknya melihat pensil yang berada di udara dicelupkan setengah ke air maka akan terlihat belok. Dimensi ke-5 ada di pertengahan daerah tersebut. Kebanyakan ilmuan menggambar daerah 5 dimensi dalam teori relativitas khusus dan umum dalam garis-garis Minkowski Space. 

Intinya, dalam pembelajaran Teori Relativitas Umum ini adalah pembelajaran bagaimana cahaya bergerak di kerangka acuan nya yang tidak rata seperti bumi, tapi cahaya disini adalah benda yang mempunyai volume seperti benda-benda disekitar kita dan kita sendiri. Berbeda dengan Terori Relativitas Khusus yang dulu pernah UNI-QUE bahas, itu menerangkan kecepatan cahaya bergerak di kerangka acuan datar, cahaya disini cahaya yang sesungguhnya tapi di bandingkan dengan benda yang bervolume juga seperti benda mati dan diri kita, alias kedua teori ini menyebutkan secara tidak langsung bahwa, ada yang bisa bergerak lebih cepat dari cahaya. Kebanyakan mengatakan bahwa yang lebih cepat dari cahaya adalah gravitasi, tapi UNI-QUE percaya bukan masalah apa yang melebihi kecepatan cahaya tapi apa yang bisa menembus dan mempunyai pengalaman kecepatan tersebut seperti cahaya rasakan sehingga membuat teori-teori ini diangkat menjadi hukum bukan hanya sekadar teori.

Semua ini kita lah yang bisa lebih cepat dari cahaya, yang bisa menggambarkan dimensi kelima dengan sangat jelas, jika dan hanya jika kita dapat mengakses kapasitas otak. Sayangnya belum ada yang mampu mencapai itu, sehingga Fisika Modern untuk saat ini masih teori sampai nanti disaat teori ini pasti akan terwujud.




Begitulah penggambaran dimensi, ruang dan waktu menurut UNI-QUE. DILARANG KERAS MENYETAK ULANG KE MEDIA APAPUN KECUALI MENDAPAT IZIN RESMI DARI ADMIN BLOG UNI-QUE DAN MENCANTUMKAN ALAMAT BLOG Unique Dan Fantasy.


Baca juga informasi lainnya di UNI-QUE


Big thank's to : Imagine Zeroth Dimension by 10thdim, dan Fisika Modern by Kaljic M.

Comments

Popular Posts