Perkembangan Teknologi di Indonesia

Evolusi teknologi dari tahun ke tahun berkembang sangat pesat, dan melebihi dari tugas utamanya hanya untuk memenuhi kebutuhan manusia di abad modern. Teknologi di era ini adalah evolusi dari teknologi sebelumnya yang telah dievaluasi oleh ilmuan sejak 10 sampai 20 tahun, dimodifikasi supaya lebih bernilai, minimalis, dan rendah biaya, tapi memiliki fungsi yang tinggi.
Akan tetapi memang seperti itulah visi dari teknologi diciptakan. Untuk memudahkan manusia mendapatkan informasi dengan mudah sehingga banyak waktu untuk kegiatan efektif lainnya. Namun, apa benar yang diperoleh dari perkembangan teknologi selama ini membuat para pengguna khususnya pengguna di Indonesia mempunyai banyak waktu yang efisien? atau justru mempunyai banyak waktu yang terbuang?


Pengguna Teknologi di Indonesia

Teknologi yang paling menjulang eksitensinya adalah teknologi dibidang alat telekomunikasi. Pada tahun 2006 yaitu sekitar 10 tahun yang lalu, Indonesia merupakan salah satu negara yang sadar akan kehadiran alat telekomunikasi ini. Pada saat itu telekomunikasi yang dapat digenggam kemana-mana disebutnya hanphone. Handphone yang paling terkenal pada masa itu yaitu merk Nokia yang kini sudah diakuisisi oleh Microsoft. Pada tahun tersebut Nokia sudah menggunakan jaringan GSM dan 2G, dimana pengguna dapat melakukan SMS dan telepon.

10 Tahun peradaban alat telekomunikasi


Kemudian masa pun berlanjut, teknologi pun dikembangkan, mulai memasuki tahun 2008, perusahaan Blackberry adalah perusahaan alat telekomunikasi yang memakai jaringan 3G, yang dimana pengguna dapat memakai selain bisa SMS dan telepon, juga bisa internet, hingga muncul lagi alat telekomunikasi dengan teknologi yang termutakhir saat ini yaitu Android, dimana semua fitur-fiturnya dirancang untuk dapat memakai jaringan terbaru dan terupdate lagi yaitu 4G.
Semua teknologi yang gagal akan ditinggal, itulah perkembangan yang terjadi dalam dunia IT. Dengan terus berjalannya perkembangan teknologi, ilmuan terus menerus melakukan inovasi dan perbaikan, pastinya agar supaya teknologi terlihat selalu yang terdepan dan mahal. Kenapa? sebab visi dari pembuatan dan perkembangan teknologi itu sendiri adalah untuk lebih memberikan manfaat bagi manusia dengan menghemat waktunya agar lebih efisien. Sebab dengan adanya teknologi yang canggih, seharusnya pekerjaan manusia bisa diselesaikan dengan mudah.

Inovasi teknologi masa depan yang diimpikan


Sepakat bahwa alat telekomunikasi adalah jenis teknologi yang sedang marak di dunia. Sebab alat telekomunikasi zaman sekarang layaknya alat apa saja yang tanpa lelah pengguna nya bisa mendapatkan apa saja yang diinginkan. Tentu, untuk mewujudkan hal itu, para ilmuan terus menciptakan sesuatu yang baru untuk masa depan yang tujuannya ingin praktis dan mudah. Jejaring sosial pun di ciptakan untuk mengantar manusia kepada masa depan yang dimana semua informasi bisa diketahui dengan cepat. Tapi kadang-kadang jejaring sosial bisa disalahgunakan pula.

Hadirnya gadget dalam alat telekomunikasi apabila kita menggunakan nya sebagai media yang akan memudahkan anda, tentu teknologi pada zaman sekarang sudah memenuhinya. Misalnya dengan adanya Sistem Informasi Geografis dan pancaran sinar bluetooth dalam sebuah handphone dapat membantu manusia mencari letak sebuah tempat yang ingin dikunjungi plus rute-rute kendaraannya. 

Bukan kah inilah visi masa depan? benar!

Tapi terkadang kita tidak merasa cukup puas dan ingin terus mengetahui kecanggihan lainnya yang dapat dipakai, Seperti yang terjadi saat setelah hadirnya jejaring sosial, pada awalnya jejaring sosial begitu terasa manfaatnya sebab telah menyatukan kita dengan teman lama dan komunikasi jarak jauh tanpa biaya mahal inilah yang sebenarnya visi dari pembuatan jejaring sosial yang selain memberikan informasi terkini. Tapi sekarang jejaring sosial begitu berdampak banyak keburukan terutama keburukan gaya hidup. Sebab penyalahgunaan jejaring sosial oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab inilah penyebabnya, sehingga membuat terciptanya istilah Digital hate, Cyber Bullying, dan masih banyak komentar-komentar yang sangat meresahkan lainnya. Apabila kita melihat lagi kehidupan kita sepuluh tahun kebelakang... kehidupan di era ini adalah kehidupan tercanggih yang diimpi-impikan pada waktu itu. Tapi setelah beberapa tahun kemudian, kita manusia menyia-nyiakan kecanggihan teknologi yang sudah di perbaiki dan dikembangkan dari tahun ke tahun ini.

Betapa teknologi sekarang adalah anugrah yang sangat menguntungkan manusia, kita tidak lagi susah mencari uang sebab adanya internet dapat memudahkan anda menghasilkan pendapatan, kita tidak lagi mengeluarkan uang untuk berhubungan dengan teman dan mendapatkan informasi dari seluruh dunia sehingga kita terus terhubung, kita pun dapat mengetahui apapun! merasakan hal apapun dengan adanya teknologi canggih ini. Pastinya di tahun yang akan datang, anugrah-anugrah ini akan ada dalam bentuk baru yang lebih bermanfaat, lebih nyaman, lebih praktis lagi, sehingga umat manusia bisa mempunyai waktu yang berkualitas dengan kerabat dan keluarga.

Kesimpulannya, yang membuat sesuatu bahkan teknologi yang sudah se-ajaib ini menjadi kutukan adalah tujuan kita sendiri yang ingin menganggap teknologi sebagai apa. Bukan karena ini adalah era nya bergaya semahal mungkin, tapi di harga yang mahal itu tersimpan teknologi yang sangat membantu manusia sehingga kita bisa lebih bersyukur hanya bagi pengguna yang menggunakan dengan benar.


Baca juga informasi lainnya di UNI-QUE

#BloggerDreamTeam

Comments

  1. Bagus blognya kak kunjungi blogku juga http//:learntik2000.co.id
    Mohon bantuanya masih pemula di dunia blog..

    ReplyDelete

Post a Comment

Isi komentar yang baik dan mengandung masukan untuk penulis nya ya :)
sangat dilarang keras berkata kasar dan mengkomentari dengan gaya bahasa sarkasme sekalipun. #NoDigitalHate

Popular Posts