Mitologi Yunani : Dewa & Dewi Olympus

Mitologi kuno yang dipercayai oleh beberapa kalangan masyarakat Yunani maupun Romawi sangat mengundang tanda tanya besar, konon cerita-cerita makhluk mitologi Yunani hanyalah dongeng pengantar tidur belaka, tapi pasti ada sesuatu yang lain mahkluk-makhluk yang dikisahkan hingga kini tidak pernah muncul dan tak akan pernah ada, mitos-mitos tentang adanya Dewa dan Dewi sejujurnya sangat mengambil seluruh perhatian saya untuk mencari tahu tentang kisah-kisah ini. Agar mudah dipahami, maka anda saya bawa terlebih dahulu kepada silsilah Dewa dan Dewi mitologi Yunani pada abad ke-3 SM.

Silsilah Dewa dan Dewi Olympus (surga)
Ada 12 jumlah Dewa dan Dewi yang berkuasa di Olympus, berikut asal-muasal kelahiranZeus (Jupiter), pemimpin seluruh Dewa. 
Zeus dalam mitologi Yunani adalah pemimpin seluruh Dewa, yang tinggal di Olympus (surga). Zeus adalah putra dari Kronos (Saturnus) dan Rhea (kini menjadi nama bulan di Saturnus), yang melahirkan Poseidon (Neptune)Hades (Pluto), Demetria, Zeus (Jupiter)dan Hera.  Zeus dan Hera sebagai saudara kandung, kemudian Zeus mempunyai anak dari Hera yang bernama Ares (Mars). Orang Yunani percaya bahwa Dewa pertama yang melahirkan Kronos dan Rhea jauh sebelum ibu mereka yaitu Khronos dan Ananke. Khronos dan Kronos berbeda, Khronos adalah Dewa ruang dan waktu, konon pada zaman Khronos, ada dimensi waktu yang membuat usia tidak akan bertambah tua, Khronos dan Ananke adalah Dewa dan Dewi pertama, kemudian mempunyai anak keturuan Titan yaitu Khaos dan Fines. Khaos dan Khronos mempunyai anak lagi yaitu Gaia (Bumi), Erebos, dan Nyx. Nyx adalah Dewa bersayap, Nyx dan Fines lalu melahirkan 15 Dewa Eros/pasukan Dewa bersayap.
Nyx juga mempunyai anak dari saudaranya yaitu Erebos yang melahirkan Aithher, kemudian Aither dan Gaia/ Dewi Bumi melahirkan Uranus.

Nah, Uranus dan ibunya Gaia lah yang melahirkan Kronos dan Rhea yang kemudian Rhea melahirkan Poseidon, Hades, Zeus, Demetria, dan Hera.
Uranus sangat membenci anak-anaknya, sehingga Kronos dan Rhea di buang, Gaia ingin membalas perbuatan Uranus, Gaia menyuruh  Kronos untuk menenggelamkan ayahnya sendiri ke lautan dan kemudian dari lautan itu terciptalah Dewi Afrodite (Venus) dari alat kelamin Uranus yang ditenggelamkan di lautan. Afrodite tidak mengalami masa anak-anak, pasalanya sudah langsung dewasa dan keluar dari air, Afrodite adalah Dewi cinta, seksual, Dewi paling mempesona.
Uranus bersumpah pada Kronos, kalau dia juga akan digulingkan oleh anaknya sendiri.

Setelah itu, Kronos dan Rhea mempunyai anak yaitu Poseidon Dewa Laut, Zeus Pemimpin seluruh Dewa, dan Hades Dewa alam bawah (kematian) Dewi Demetria, dan Dewi Hera.
seperti yang telah disumpahkan Uranus, karena Kronos takut anak-anak nya akan menggulingkannya, maka Kronos menelan seluruh anak-anak nya kecuali Zeus yang diselamatkan ibunya, Rhea. Setelah Zeus besar, kemudian Zeus melawan ayahnya sendiri dan berhasil mengeluarkan saudara-sauranya keluar dari perut Kronos, kemudian Poseidon, Hades dan Zeus membagi wilayah kekuasaan, dengan Poseidon berkuasa di lautan, Hades berkuasa di alam bawah, dan Zeus menjadi Dewa di Olympus/surga. Kemudian Zeus mempunyai anak dari Hera saudarinya yang melahirkan Ares Dewa Perang. Ares kemudian berpasangan dengan Dewi Afrodite yang melahirkan Dewa Himeros yang merupakan kelompok Eros/ bersayap.
Zeus juga berselingkuh dengan Maia yang melahirkan Hermes (Merkurius). Juga pernah meniduri seorang putri (bukan Dewi) dia seorang manusia, Zeus berhubungan dengan tidak menampakkkan dirinya, namun karena kecemburuan Hera, kemudian Hera yang datang menyamar jadi tua datang ke pada putri manusia tersebut, dan menyuruhnya untuk mengetahui siapa kekasih yang tidak mau menampakkan diri tersebut. Kemudian Zeus diminta untuk bersumpah memenuhi keinginan sang putri, setelah Zeus telah bersumpah, Zeus terkejut bahwa yang diinginkan putri adalah menampakkan dirinya dihadapannya, Zeus tahu kalau manusia tidak akan kuat melihat Dewa, tapi karena dia telah bersumpah, maka Zeus menampakkan dirinya kemudian putri pun langsung terbakar.
Zeus juga pernah mempunyai anak dari Metis, yang bernama Athena. Athena diramalkan akan menjadi lebih kuat dari Zeus, lalu Zeus menelan Metis yang sedang hamil, tapi Metis mebuat baju dan topi besi di dalam untuk melindungi anaknya Athena, dan kemudian Athena lahir menembus dari kepala Zeus.

Begitulah silsilah-silsilah dari Dewa dan Dewi mitologi Yunani, oarang-orang Romawi mempercayai Dewa dan Dewi dengan sebutan nama Planet sebagai berikut:

1. Neptunus => Dewa Poseidon
2. Pluto => Dewa Hade
3. Saturnus => Dewa Titan Kronos
4. Jupiter => Dewa Zeus
5. Merkurius => Dewa Hermes
6. Venus => Dewi cinta Afrodite
7. Uranus => Dewa Uranus
8. Mars => Dewa Ares
9. Bumi => Dewi Gaia

Comments

Popular Posts